Iklan Blogger

Senin, 16 Mei 2016

Pluralisme dan Toleransi

Banyak orang yg salah persepsi antara pluralisme dan toleransi.., msih banyak yg menyamakan pluralisme dan toleransi.., padahal keduanya adalah hal yg sangat jauh berbeda..

Pluralisme (bahasa Inggrispluralism), terdiri dari dua kata plural (=beragam) dan isme (=paham) yang berarti beragam pemahaman, atau bermacam-macam paham, Untuk itu kata ini termasuk kata yang ambigu. Berdasarkan Webster's Revised Unabridged Dictionary (1913 + 1828) arti pluralism adalah:
·         hasil atau keadaan menjadi plural.
·         keadaan seorang pluralis; memiliki lebih dari satu keyakinan.

Toleransi adalah istilah dalam konteks sosial, budaya dan agama yang berarti sikap dan perbuatan yang melarang adanya diskriminasi terhadap kelompok-kelompok yang berbeda atau tidak dapat diterima oleh mayoritas dalam suatu masyarakat.

Dalam Islam, pluralisme itu hal yg dilarang, karena menurut Islam pluralisme adalah "Suatu paham yang mengajarkan bahwa semua agama adalah sama dan karenanya kebenaran setiap agama adalah relatif; oleh sebab itu, setiap pemeluk agama tidak boleh mengklaim bahwa hanya agamanya saja yang benar sedangkan agama yang lain salah. Pluralisme juga mengajarkan bahwa semua pemeluk agama akan masuk dan hidup dan berdampingan di surga".

Sedangkan toleransi sangat dianjurkan dalam Islam, karena itu merupakan salah satu bentuk hubungan antar manusia, manusia-alam, manusia-makhluk lain. Yg biasanya "bagimu agamamu dan bagiku agamaku". Masih banyak yg salah mengartikan penggalan ayat terakhir dari surat Al Kafirun di atas, bahkan umat Islam sendiri banyak yg salah mengamalkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar